Rekrutmen Fasilitator Program Sekolah Penggerak Angkatan III

Rekrutmen Fasilitator Program Sekolah Penggerak Angkatan III

Dalam rangka mewujudkan visi Pendidikan Indonesia yaitu Indonesia maju yang berdaulat, mandiri, dan berkepribadian melalui terciptanya Pelajar Pancasila yang bernalar kritis, kreatif, mandiri, beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia, bergotong royong, dan berkebinekaan global, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan,
Riset dan Teknologi mengembangkan Program Sekolah Penggerak (PSP).
Untuk merealisasikan program ini, Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan membuka Rekrutmen Fasilitator Program Sekolah Penggerak.

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) berupaya menyelenggarakan program Sekolah Penggerak  dengan sebaik mungkin. Salah satu upaya tersebut dilakukan dengan membuka seleksi bagi fasilitator program Sekolah Penggerak yang telah memasuki angkatan ke-3. Seleksi Fasilitator Program Sekolah Penggerak Angkatan Ketiga ini, diharapkan mampu membawa barisan perubahan menuju transformasi pendidikan Indonesia menjadi semakin kuat.

Ada kriteria umum bagi pendaftar program, yaitu 1) warga negara Indonesia (WNI); 2) sehat jasmani dan rohani, dengan melampirkan surat keterangan sehat dari dokter Puskesmas/rumah sakit yang ditandatangani oleh dokter dan diberikan cap (stempel) Puskesmas/rumah sakit tersebut; 3) berusia minimal 30 (tiga puluh) tahun dan maksimal 65 (enam puluh lima) tahun pada saat mendaftar; 4) memiliki pengalaman melakukan pendampingan peningkatan kualitas pembelajaran di sekolah minimal dua tahun; 5) terbiasa menggunakan teknologi, internet, dan aplikasi.

Berikutnya, 6) memiliki kemampuan berkomunikasi dengan baik secara lisan dan tulisan; 7) memiliki komitmen, semangat perbaikan berkelanjutan, jiwa kolaborasi dan terbuka pada hal-hal baru, 8) bersedia melakukan kunjungan lapangan; 9) tidak sedang memiliki peran sebagai pengajar praktik Program Guru Penggerak, fasilitator Program Guru Penggerak, pendaftar Calon Guru Penggerak, asesor Program Guru Penggerak, maupun asesor Program Sekolah Penggerak; 10) mengisi pakta integritas dan surat izin atasan; serta 11) mengunggah surat keterangan sehat dari dokter Puskesmas/rumah sakit yang ditandatangani dokter dan diberikan cap (stempel) Puskesmas/rumah sakit tersebut.

Fasilitator Program Sekolah Penggerak diharapkan memiliki visi, misi, dan tujuan dan mampu memecahkan masalah yang mungkin timbul di lapangan. Fasilitator juga diharapkan mampu memfasilitasi perubahan, melakukan pembinaan dan mentoring, dan mampu membangun hubungan yang positif.

Sosialisasi, pendaftaran fasilitator dan seleksi ini berlangsung 21 Maret – 14 Mei 2022. Verifikasi dan validasi dilaksanakan pada 16 – 28 Mei 2022, dan pemeriksaan esai dilakukan 13 – 16 Juni 2022 mendatang. Pengumuman tahap I dilakukan 27 Juni 2022, yang dilanjutkan dengan proses unggah SAP pada 28 Juni – 1 Juli 2022. Jadwal simulasi melatih dan wawancara akan berlangsung 28 – 30 Juni 2022, yang diikuti dengan seleksi tahap II (simulasi melatih dan wawancara) pada 4 – 14 Juli 2022.

Informasi lebih lanjut dan pendaftaran, melalui: https://sekolah.penggerak.kemdikbud.go.id/programsekolahpenggerak/fasilitator/

Managed & Maintenanced by ArtonLabs