Selamat! Dua Dosen FKIP UMKO Dinyatakan Lulus Serdos

Selamat! Dua Dosen FKIP UMKO Dinyatakan Lulus Serdos

Sertifikasi dosen merupakan proses pemberian sertifikat pendidik kepada dosen. Program sertifikasi dosen (serdos) ini sendiri diketahui memiliki sejumlah tujuan. Mulai dari untuk meningkatkan mutu pendidikan nasional, sampai meningkatkan kesejahteraan dosen yang bersangkutan. Sehingga, jika ingin lulus serdos harus melewati beberapa tahapan dalam sertifikasi dosen ini.

Pada serdos tahun 2021, Ditjen Dikti memberikan istilah SMART (Simple, Modern, More Informative, Accountable, Responsive, and Transparent), jadi sekarang ada sertifikasi dosen SMART.

Ketentuan pelaksanaan Serdos mulai tahun 2021, mengacu kepada Keputusan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Nomor 92/E/KPT/2021 tanggal 1 Juli 2021 tentang Pedoman Operasional Sertifikasi Pendidik untuk Dosen. Lalu ada perubahan dari pedoman sertifikasi dosen tahun sebelumnya, dimana dari yang sebelumnya terdiri dari lima tahapan, diringkas menjadi tiga tahapan saja yaitu T1, T2, dan T3.

Lebih jelasnya, T1 adalah tahap dimana dosen mulai menyusun Portofolio dosen. T2 adalah proses yang terdiri dari tiga hal, dimulai dari Penilaian Persepsional yang dilakukan oleh institusi tempat dosen mengajar. T3 adalah tahap akhir di dalam Serdos Smart Tahun 2021, yang terdiri dari tiga hal. Pertama adalah penilaian terhadap dokumen PDD-UKTPT (Pernyataan Diri Dosen pada Unjuk Kerja Tridharma Perguruan Tinggi) yang dulunya dikenal dengan istilah Deskripsi Diri. Kedua adalah Penentuan Kelulusan, dan terakhir dilakukan Penerbitan Kelulusan.

Sehubungan telah diumumkannya proses sertifikasi dosen tahun 2022 pada http://sister.kemdikbud.go.id, terdapat dua nama dosen Universitas Muhammadiyah Kotabumi, tepatnya dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP). Mereka adalah Dewi Srikuning, S.Pd., M.Pd., dosen program studi (prodi) Pendidikan Bahasa Inggris yang sekaligus menjabat sebagai Ka prodi pada prodi yang sama, dan Agung Prihatmojo, S.Pd., M.Pd., Dosen prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, yang sekaligus menjabat sebagai Kepala UPM FKIP UMKO.

Semoga semakin sukses dalam berkarier sebagai dosen serta turut dalam mencerdaskan anak-anak bangsa.

Managed & Maintenanced by ArtonLabs