Mengenal Program Studi PGSD Universitas Muhammadiyah Kotabumi

Mengenal Program Studi PGSD Universitas Muhammadiyah Kotabumi

Buat kamu yang sudah lulus atau sebentar lagi lulus sekolah, tapi masih bingung mau lanjut kuliah dimana, ada baiknya kamu mencari tahu informasi mengenai kampus yang akan kamu masuki terlebih dahulu.

Nah, untuk kalian yang gemar berinteraksi dengan anak-anak, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), bisa jadi pilihan. Seperti apa sih, Pendidikan Guru Sekolah Dasar? Berikut adalah perkenalan salah satu Fakultas yang ada di Universitas Muhammadiyah Kotabumi yaitu, Fakultas KIP Program Studi PGSD.

1. Apa itu Program Studi PGSD UMKO

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (Prodi PGSD) merupakan salah satu dari lima program studi yang diselenggarakan oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah Kotabumi (UMKO) Lampung dengan visi “Pada Tahun 2038 FKIP menjadi Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan Technopreneurship, Islami
yang Unggul dan Berbasis Kearifan Lokal.” Berdasarkan Visi FKIP UMKO tersebut, telah diturunkan pula visi Program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, yaitu: “Pada tahun 2038 menjadi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar yang unggul dengan lulusan sebagai guru pemula di Sekolah Dasar yang islami, berbasis technopreneurship dan kearifan lokal.”

2. Mengapa masuk Prodi PGSD

Mungkin PGSD tidak sepopuler seperti program studi akuntansi, ilmu hukum, tekhnik, ilmu budaya, atau program studi lainnya. Namun diatas semua itu, Prodi PGSD termasuk memiliki peran penting terhadap kemajuan masa depan Indonesia.

Bagaimana tidak, sarjana lulusan PGSD nantinya akan berada di garda terdepan pendidikan dasar Indonesia, yang artinya mereka bertanggung jawab terdapat pendidikan awal anak-anak Indonesia.

3. Mata Kuliah yang dipelajari

Pada mata kuliah ini, banyak hal yang akan dipelajari yang nantinya akan menunjang kemampuanmu, selaku sarjana PGSD, antara lain; psikologi, manajemen pendidikan, hingga pelajaran-pelajaran SD. Kamu akan belajar mata kuliah seperti pengantar pendidikan, psikologi pendidikan, pengembangan kurikulum SD, pendidikan kewarganegaraan, strategi belajar mengajar SD, profesi keguruan, kajian, ilmu budaya dasar, dan lainnya.

Pada Fakultas KIP Prodi PGSD di UMKO, kamu akan mendapatkan itu semua dari para pengajar profesional, berdedikasi dan mumpuni di bidangnya masing-masing.

4. Prospek kerja

Sesuai dengan namanya, nantinya setelah lulus dari Program Studi ini, kamu akan memiliki gelar Pendidikan S-1 PGSD, dan akan bekerja sebagai guru di Sekolah Dasar. Kebutuhan Pegawai Negeri Sipil untuk guru Sekolah Dasar juga masih lumayan besar di Indonesia.

5. Kampus dengan Program Studi PGSD

Untuk kalian yang ingin melanjutkan pendidikan pada program studi ini, Universitas Muhammadiyah Kotabumi sudah memilikinya dari tahun 2018. Selain program studi ini, Universitas Muhammadiyah Kotabumi juga memiliki banyak pilihan fakultas lain dengan program studi unggulan.

Managed & Maintenanced by ArtonLabs