Program Studi PGSD Universitas Muhammadiyah Kotabumi “Peluang Besar untuk Menjadi Seorang Pendidik Handal”

Program Studi PGSD Universitas Muhammadiyah Kotabumi “Peluang Besar untuk Menjadi Seorang Pendidik Handal”

Menentukan jurusan saat akan kuliah terkadang memunculkan perasaan bimbang dan bingung, apalagi jika pemahaman tentang jurusan kuliah yang dimiliki masih minim. Pemilihan jurusan kuliah akan memberi sumbangsih yang sangat besar dalam kesuksesan karir kita kedepannya, sehingga kita tidak boleh asal-asalan dalam memilih jurusan untuk kuliah. Satu hal yang perlu kita ketahui jika memilih jurusan kuliah tidak sesuai dengan kepribadian, bakat, minat serta potensi diri kita sendiri akan menimbulkan beberapa masalah dalam proses studi, hingga berdampak buruk bagi karir kita kedepannya.

Selain pertimbangan emosional, dalam memilih jurusan kuliah, kita juga harus pandai-pandai melihat dan menimbang prospek yang nantinya akan kita dapatkan, jika kita mengambil jurusan kuliah pada bidang tersebut.

Nah, Jika kalian memiliki minat untuk menjadi pendidik dan menyukai anak-anak. Berikut, penulis akan memberikan sedikit gambaran mengenai prospek dari Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar serta mengenalkan salah satu prodi unggulan yang ada di Universitas Muhammadiyah Kotabumi ini.

Perkembangan Prodi PGSD

Dalam beberapa waktu kebelakang, program studi PGSD telah mengalami peningkatan dari para peminatnya, hal ini terkait Undang-Undang nomor 14 Tahun 2005 dan Permendikbud nomor 46 Tahun 2016, yang mengamanatkan bahwa guru harus memiliki pendidikan minimal sarjana (S1) yang sesuai bidangnya. Aturan itu mengisyaratkan, guru yang walaupun sudah sarjana, tapi bukan lulusan yang sesuai bidang kerjanya (PGSD) tak boleh mengajar di depan kelas. Artinya, jika aturan itu dijalankan, kita tidak boleh sampai salah dalam memilih jurusan karena akan sangat disayangkan ijazah yang kita terima tidak akan linear dengan pekerjaan kita, dan mungkin kita juga akan bisa kehilangan banyak kesempatan untuk melanjutkan pekerjaannya.

Prospek Kerja Sarjana PGSD

Hal yang kontras sangat terlihat dimana jumlah Sekolah Dasar yang ada sangat banyak, sedangkan peminat dari program ini (PGSD) masih sangat sedikit. Menurut Data Referensi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, jumlah Sekolah Dasar yang ada di Kabupaten Lampung Utara berjumlah 497 sekolah, dengan rincian 419 berstatus Negeri dan 78 berstatus sekolah Swasta. Itu baru dalam satu kabupaten, yaitu kabupaten Lampung Utara, sedangkan jumlah total untuk Provinsi Lampung adalah 5.526 sekolah dengan rincian 4.410 berstatus sekolah Negeri dan 1.116 berstatus sekolah Swasta. Lalu, bagaimana dengan jumlah sekolah dasar yang ada di seluruh Indonesia. Jika satu sekolah dasar saja membutuhkan paling sedikitnya delapan orang guru berstatus sarjana PGSD, bisa dibayangkan betapa besarnya jumlah kebutuhan guru lulusan PGSD untuk Sekolah Dasar.

Sesuai dengan keterangan diatas, sehingga patutlah program studi ini menjadi sorotan bagi kita sebagai target program studi yang akan kita tempuh di masa mendatang.

PGSD Universitas Muhammadiyah Kotabumi

Bagi kalian yang berminat untuk masuk PGSD agar menjadi seorang guru SD. Sekarang, kalian tidak perlu lagi bingung ingin melanjutkan pendidikan keluar kota yang sudah jelas membutuhkan biaya banyak.

Universitas Muhammadiyah Kotabumi memiliki program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar yang berada di bawah naungan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Meskipun baru berusia sekitar dua tahun, tapi program studi ini tidak bisa dipandang sebelah mata. Selain diajarkan oleh pengajar profesional di bidangnya, fasilitas yang ditawarkan pun sangat lengkap, mulai dari sarana ruang belajar, pemanfaatan lcd proyektor sebagai media ajar, perpustakaan dengan koleksi buku yang lengkap, laboratorium bahasa hingga laboratorium micro-teaching pun sudah dimiliki oleh UMKO.

Nah, untuk kalian yang berminat akan hal ini, kalian bisa segera mendaftarkan diri kalian ke Universitas Muhammadiyah Kotabumi.

Namun, diatas semua itu, dengan memilih menjadi seorang guru, artinya kalian telah siap mendedikasikan seluruh hidup kalian untuk mengabdi kepada masyarakat dengan tujuan untuk memajukan pendidikan di Indonesia dan membentuk kepribadian anak yang baik, serta ikhlas dalam mengabdikan diri demi kemajuan bangsa. Semoga cita-cita mulia ini dapat kalian raih dan wujudkan.

Managed & Maintenanced by ArtonLabs