Lokakarya Kurikulum MBKM Prodi PBSI dan PMTK

Lokakarya Kurikulum MBKM Prodi PBSI dan PMTK

Program Studi Pendidikan Matematika (PMTK) dan Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah Kotabumi (UMKO) mengadakan lokakarya kurikulum MBKM. Lokakarya kurikulum MBKM diadakan pada Rabu, 3 November 2021. Hadir dalam kegiatan lokakarya yang dilaksanakan secara tatap muka di ruang rapat Universitas Muhammadiyah Kotabumi Dekan FKIP, Dr. Badawi, M.Pd., Ka Prodi Pendidikan Matematika, Venty Meilasari, S.Pd., M.Pd., Ka Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Nur Mei Ningsih, S.Pd., M.Pd., Alumni FKIP Prodi PBSI dan PMTK, dan pengguna lulusan.

Tujuan kegiatan lokakarya ini merupakan wujud pembaharuan serta penyempurnaan kurikulum MBKM yang di luncurkan Mendikbud mengenai Merdeka Belajar-Kampus Merdeka. Selaras dengan kebijakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) terkait program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Rekonstruksi dan pengembangan kurikulum mutlak harus dilakukan agar kegiatan pembelajaran semakin lebih baik dan sesuai harapan. Program MBKM Kemdikbud memberikan hak belajar kepada mahasiswa untuk mengambil mata kuliah di luar program studi selama 3 semester. Mata kuliah bisa berupa kelas klasikal lintas program studi di dalam perguruan tinggi yang sama atau lintas perguruan tinggi serta mahasiswa juga dapat melakukan magang kerja di dunia industri atau dunia usaha.

Dr. Badawi, M.Pd. selaku Dekan FKIP bepesan pada pelaksanaan Lokakarya Kurikulum MBKM ini, mengharuskan dunia Pendidikan senantiasa memperbaharui sistem pendidikan, sehingga perguruan tinggi bisa menghasilkan lulusan yang unggul dan berdaya saing, oleh karena itu perlu dibuat sebuah kerangka model kurikulum yang mengintegrasikan keterampilan dan program MBKM.

Kegiatan lokakarya kurikulum MBKM dilaksanakan dalam rangka mewujudkan proses pembelajaran di prodi PBSI dan PMTK agar tercipta kultur belajar yang inovatif, sesuai dengan kebutuhan mahasiswa, Dan bertujuan untuk meningkatkan link and match dengan dunia usaha dan dunia industri, serta untuk mempersiapkan mahasiswa dalam dunia kerja sejak awal.

Managed & Maintenanced by ArtonLabs