Evaluasi Kinerja Mahasiswa Magang Pembelajaran di SMA Negeri 1 Kotabumi

Evaluasi Kinerja Mahasiswa Magang Pembelajaran di SMA Negeri 1 Kotabumi

Selama 8 semester untuk menyelesaikan Gelar Sarjana Pendidikan, mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah Kotabumi (UMKO) harus terlibat dalam program magang selama 2 pekan sekitar 14 hari di sekolah dalam 3 semester berbeda. Mahasiswa mencari tempat magang di sekolah dengan mendaftar pada saat program magang dibuka.

Magang merupakan suatu sarana bagi mahasiswa untuk menambah ilmu pengetahuan dan mengaplikasikan ilmu yang telah diperoleh dengan cara menerapkannya secara langsung ke lapangan. Setelah melaksanakan magang mahasiswa diharapkan dapat memiliki tanggung jawab yang tinggi terhadap diri sendiri maupun orang lain, mampu menguasai emosi dalam menjalani kehidupan dengan lingkungan umum dan dapat dijadikan sebagai tolak ukur apakah kelak setelah lulus mampu terjun langsung dalam dunia pendidikan yang nyata.

Seperti tahun sebelumnya, magang mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan kali ini dibagi menjadi 3 kelompok yakni mahasiswa semester 3, semester 5 dan semester 6.

Pada hari ini, selain melakukan penarikan, Dosen Pembimbing Lapangan, Dr. Purna Bayu Nugroho, M.Pd. juga mengagendakan untuk melakukan penilaian terkait praktik mengajar mahasiswa binaannya. Penilaian praktik mengajar dilakukan pada seluruh mahasiswa semester 7 atau peserta magang Pembelajaran sebanyak 4 orang, yang sudah dimulai sejak awal pekan ini. Mereka adalah Arni Juwita, Dewi Sintya Wati, dan Kiki Widia dari Prodi pendidikan Bahasa Inggris (PBI) serta Risma Silvia dari Prodi pendidikan bahasa dan sastra Indonesia (PBSI).

Dr. Purna Bayu Nugroho, M.Pd. melakukan proses penilaian dengan mengamati langsung mahasiswa dalam mengajar di dalam kelas, didampingi oleh guru pamong, sehingga penilaian dapat diberikan secara objektif. Sedangkan, poin yang dijadikan acuan dalam memberikan penilaian antara lain: kemampuan mahasiswa Magang Pembelajaran dalam mengelola pembelajaran serta dampaknya pada diri siswa dan semua aspek kemampuan mahasiswa Magang Pembelajaran.

Managed & Maintenanced by ArtonLabs