Kemendikbudristek Siapkan Kurikulum Baru di 2022

Kemendikbudristek Siapkan Kurikulum Baru di 2022

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) berencana menawarkan kurikulum baru di 2022. Hal ini diungkap Kepala Badan Standar Kurikulum dan Asesmen Pendidikan Kemendikbudristek, Anindito Aditomo (Nino)

“Seperti disampaikan mas Menteri dalam perayaan Hari Guru Nasional, mulai tahun depan Kemendikbudristek akan menawarkan kurikulum yang lebih fleksibel,” kata Nino dalam keterangannya di Instagram pribadinya, @ninoaditomo, Selasa, 30 November 2021.

Nino mengatakan, kurikulum tersebut akan lebih berfokus pada materi yang esensial, tidak terlalu padat materi. Ini dinilai penting agar guru punya waktu untuk pengembangan karakter dan kompetensi. 

“Bukan sekadar kejar tayang materi yang ada di buku teks,” ujarnya.

Ia menyebut, Kurikulum prototipe ini sedang diterapkan secara terbatas di sekitar 2.500 sekolah di seluruh Indonesia melalui Program Sekolah Penggerak. Ia mengatakan, sekolah-sekolah peserta program ini mencerminkan keragaman yang ada di sistem pendidikan Indonesia.

“Sebagian besar adalah sekolah yang ‘biasa’ saja. Bukan sekolah yang biasa dianggap favorit atau unggul. Bukan sekolah yang punya fasilitas yang berlebih. Banyak yang justru kekurangan secara sarana-prasarana. Sebagian juga berada di daerah tertinggal,” ujarnya.

Nino menyebut penerapan secara terbatas ini tahap penting dalam pengembangan kurikulum. Uji coba di sekolah yang beragam memastikan bahwa kurikulum yang sedang dikembangkan memang bisa diterapkan di beragam kondisi. 

Uji coba tersebut juga memberi insight tentang bagaimana guru memaknai dan menerapkan sebuah kurikulum. Artinya, kurikulum dievaluasi oleh aktor paling penting, para guru. 

“Dan evaluasi itu dilakukan dalam konteks nyata. Ini melengkapi model uji publik yang biasanya didominasi oleh akademisi dan pengamat yang hanya melihat dokumen kurikulum saja,” ungkapnya.

Sumber: https://www.cnnindonesia.com/ dan https://www.medcom.id/pendidikan/news-pendidikan/

Managed & Maintenanced by ArtonLabs