Sosialisasi dan Pembekalan Sekolah Mitra Magang Tahun 2022 FKIP UMKO

Sosialisasi dan Pembekalan Sekolah Mitra Magang Tahun 2022 FKIP UMKO

Magang adalah upaya pengembangan pengetahuan, pembentukan keterampilan, dan peneguhan sikap yang dilakukan melalui belajar dengan berbuat (learning by doing). Seiring dengan kebijakan kurikulum Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI), Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah Kotabumi telah menetapkan magang sebagai matakuliah wajib bagi seluruh mahasiswanya.

Magang merupakan upaya pengenalan secara dini mahasiswa kepada sekolah (early exposure) yang dilaksanakan secara berjenjang yaitu magang kependidikan, magang tupoksi, dan magang pembelajaran. Kegiatan magang dilaksanakan di sekolah mitra, pembimbingannya dilakukan oleh Dosen Pembimbing Magang (DPM) dan Guru Pembimbing Magang (GPM).

Pada hari ini (Selasa, 18/10/2022) Universitas Muhammadiyah Kotabumi (UMKO) mengadakan sosialisasi dan pembekalan kegiatan magang 2022 yang disampaikan kepada seluruh Kepala Sekolah Mitra, yang diselenggarakan oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Kotabumi (UMKO) di Ruang Rapat Gedung C Universitas Muhammadiyah Kotabumi.

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Dekan FKIP, Dr. Badawi, M.Pd., dan dihadiri oleh 57 kepala sekolah se-Kabupaten Lampung Utara mulai dari jenjang Sekolah Dasar atau Madrasah Ibtidaiyah, hingga jenjang Sekolah Menengah Atas atau Madrasah Aliyah.

Dr. Badawi, M.Pd. juga menjelaskan, bahwa magang dengan kurikulum KKNI ini, merupakan magang terakhir yang dilaksanakan oleh FKIP UMKO, dimana pada tahun mendatang, program magang yang dilaksanakan akan disesuaikan dengan kurikulum berbasis MBKM (Merdeka Belajar-Kampus Merdeka). Pada progam ini, mahasiswa akan menghabiskan waktu paling cepat 4 bulan atau hingga satu semester di lokasi magang pilihan masing-masing dan disetujui pihak fakultas.

Dijelaskan juga, magang tahun ini akan dimulai dari tanggal 24 Oktober 2022 sampai 5 November 2022. Diharapkan dari magang ini, mahasiswa dapat memperluas wawasannya mengenai pelaksanaan dan penyelenggaraan dunia kerja guru, menerapkan pengetahuan teoritis ke dalam dunia praktis, menumbuhkan kemampuan berinteraksi sosial dengan orang lain, serta menjadi pribadi mandiri yang mampu menyelesaikan masalah dan mengambil keputusan.

Managed & Maintenanced by ArtonLabs