Mahasiswa PBI UMKO Raih Peringkat Kedua Lomba Mikro-Teaching Tingkat Internasional

Mahasiswa PBI UMKO Raih Peringkat Kedua Lomba Mikro-Teaching Tingkat Internasional

Salah satu mahasiswa dari program studi Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah Kotabumi (UMKO), Riah Khoirul Annisa berhasil menjuarai lomba mikro-teaching dalam kegiatan International English Festival yang diselenggarakan English Student Association (ESA) Universitas Muria Kudus (UMK).

Terdapat enam kategori yang dilombakan pada ajang tersebut. Antara lain International Microteaching, International Singing, International News Anchor, English Debate. Kemudian Poem Reading, Reading Comprehension Olympiad. Sebagai informasi, acara yang disupport langsung oleh Djarum Foundation ini bekerja sama dengan prodi PBI UMK. Hal itu guna memberikan wadah bagi para pelajar dan mahasiswa dalam mengasah minat mereka di bidang bahasa inggris.

Terdapat 259 peserta dari siswa SMA-sederajat seluruh Indonesia, dan mahasiswa nasional serta internasional. Namun, Riah Khoirul Annisa, berhasil menorehkan prestasi membanggakan pada gelaran tersebut, pasalnya ia berhasil meraih peringkat kedua pada cabang International Micro-teaching, yang diumumkan pada tanggal 29 Oktober 2022 lalu. Lomba microteaching tersebut, dilaksanakan secara daring mulai dari proses pendaftaran hingga pengumuman lomba.

Riah Khoirul Annisa, atau biasa disapa Annisa, mengaku bahwa dalam mengikuti lomba microteaching ini, ia perlu membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), merancang kegiatan, hingga simulasi kelas yang mengundang beberapa orang untuk menjadi siswa agar videonya terlihat lebih natural. Selain itu, ia juga menuturkan bahwa harus dapat memanajemen waktu dengan baik agar semua dapat terlaksana dengan baik.

Secara singkat, Annisa juga berpesan untuk seluruh teman-teman mahasiswa yang ingin ikut lomba microteaching agar dapat mempersiapkan diri dari jauh hari dan jangan cepat berputus asa, jika belum mendapat juara karena kekalahan bukanlah akhir dari segalanya, masih ada hari esok yang menunggu kita.

Ke depan, ia berharap agar dapat mengasah kemampuannya dan menjadi sumber inspirasi bagi orang lain.

Secara umum, daftar pemenang pada lomba kali ini adalah:

  1. Juara 1. Muhammad Julio Andre (Institut Agama Islam Negeri Kudus, Indonesia)
  2. Juara 2. Riah Khoirul Annisa (Universitas Muhammadiyah Kotabumi, Indonesia)
  3. Juara 3. Kamille Asuncion Causon (Nueva Ecija University of Science and Technology, Filipina)
Managed & Maintenanced by ArtonLabs